Mainan Penghilang Jenuh


Sering jenuh gak sih kalo lagi banyak kerjaan numpuk dikantor? Atau dapet tugas seabrek dari dosen? Terus cara ngatasinnya gimana? Maen game? Bbman sama pacar? Nonton film? Atau dibawa tidur? Setiap orang pasti memiliki “kadar jenuh” masing-masing dalam menghadapi sesuatu hal, itu lumrah banget jika kalian menghadapi masa-masa jenuh dan itu tandanya otak kalian perlu istirahat sebentar. Ibarat kalo orang lagi kepanasan, ya butuh ngademlah di tempat sepoi-sepoi. Nah ketika sedang memasuki “kadar jenuh” wajib hukumnya bagi kalian untuk mengistirahatkan pikiran, entah hanya 15menit atau 20menit yang penting otak kalian harus diademin dulu supaya gak konslet. Setelah itu, bolehlah kalian ngerjain deadline tugas yang numpuk lagi.

Untuk aku sendiri, salah satu cara untuk ngademin otak selain nonton drama korea, yaitu bikin papercraft! Yap, membuat papercraft merupakan hobby baru di ruanganku, dan bisa dibilang sebagian temen-temen kantor jadi pada ikutan mainan papercraft. Meskipun cara bikinnya harus puter otak juga sih, tapi seru aja mainan papercraft. Apalagi kalo kita bikin pola yang susah dan ketika udah jadi seneng banget akhirnya.

Papercraft sendiri bisa dibilang hampir mirip dengan seni melipat kertas seperti origami, tapi bedanya jika origami proses pembuatan kertas hanya dengan melipat tanpa menggunakan lem sedangkan dalam papercraft proses pembuatannya dimulai dari menggunting kertas, melipat kemudian merekatkan dengan lem. Papercraft sendiri telah dikenal sejak abad ke 20, dan dulu dikenal dengan nama Card Modelling. Atau pernah gak kalian membeli majalah kemudian menemukn sebuah gambar yang mengharuskan kita untuk melipat dan menggunting? Nah, itulah awal mula papercraft.


Fungsi papercraft sendiri selain untuk hiasan rumah, meningkatkan kreatifitas, juga bisa untuk mengontrol emosi, melatih kesabaran, melatih tingkat stress dan juga menghilangkan kejenuhan loh guys. Semakin sering kita membuat papercraft maka semakin sering juga otak kita untuk berpikir kreatif sehingga tingkat kestabilan emosi kita bisa terjaga.


Bentuk-benuk papercraft juga beragam, ada yang berbentuk buah-buahan, tokoh-tokoh kartun, bahkan pahlawan super. Dan semakin rumit bentuknya, kita juga membutuhkan waktu dan juga pikiran yang ekstra ketika sedang membuatnya, dan juga kesabaran tentunya. Cara membuatnya sangat mudah kok, untuk polanya kalian bisa cari di pinterest ataupun di google, hanya dengan mengetik “papercraft”, “papercraft printable” saja kalian sudah bisa menemukan banyak model papercraft yang kalian inginkan. Setelah kalian menemukan papercraft yang kalian inginkan, kalian bisa langsung print pola tersebut, untuk kertasnya usahakan dengan kertas yang agak tebal ya, sekitar 100gr – 200gr supaya hasilnya bagus, atau juga bisa menggunakan kertas foto. Tapi untuk hasil-hasil yang aku bikin ini sih kertasnya cuma pake kertas 70gr, jadi hasilnya kurang memuaskan, gampang pesok sana sini. Kemudian setelah diprint kalian tinggal potong papercraft sesuai pola, setelah dipotong lipat dan lem sesuai pola yang ada. Udah jadi deh :D


Sebenernya gak segampang apa yang aku omongin diatas sih, gampang enggaknya tergantung pola yang kalian bikin :p Intinya, kalo mau bikin papercraft itu harus sabaar, apalagi untuk pola-pola yang susah. Oh iya, semua papercraft yang aku tampilin di postingan ini aku bikin di kantor, dan merupakan papercraft karya aku dan juga temen-temen kantor. Dari tujuh papercraft yang ada yang paling susah itu si Batman! Hampir berjam-jam bikinnya, udah mau nyerah aja tadinya, tapi berhubung aku sama temenku gak mau nyerah akhirnya bisa jadi juga (Iya, si Batman sampe dibikin sama 2 orang). Dan yang paling aku suka itu si gembul Totoro, lucu banget buat diliat-liat, dan sampe aku pajang di meja kantorku ^^
Jadi, yuk coba ngehilangin jenuh dengan membuat papercraft, dan share hasil papercraft diblog kalian!
Selamat mencoba :D
Sumber : https://seven7tutorial.wordpress.com/tag/sejarah-papercraft/

13 comments on "Mainan Penghilang Jenuh"
  1. Buatin dong Kak :3

    ReplyDelete
  2. Seru banget ini ya, jadi pengen juga bisa buat untuk anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak, seru emang mainan papercraft, bikin bareng anak-anak juga bisa mengasah kreatifitas mereka ^^

      Delete
  3. Hmm bagus sekali jadi pengen nih.

    ReplyDelete
  4. Iya totoronya lucu banget dan gembul aaa gemes XD
    Nggak ada yang gak pake tantangan ya. Yang bikin seneng dan refreshing aja ada tantangannya huahaha

    ReplyDelete
  5. aah, saya suka juga papercraft. Keren nih motretnya. Serius :D

    ReplyDelete
  6. aku dulu jualan ini dan banyak banget yang naksir hihihi

    kak Rusydina punya tangan2 kreatif ya:") apalah aku...

    ReplyDelete
  7. ahhh thanks for the idea! in my case, bukan buat ngisi waktu luangku sih *sok sibuk* tapi buat anakku yg emang doyan bgt creativity macem begini. once again, thank you for sharing :)

    ReplyDelete
  8. lucu luc banget semuanya, kalau buat saya ini perlu kesabaran dan ketelatenan tingkat tinggi. Salam kenal mba :)

    ReplyDelete
  9. kreatif dan lucu banget mbak ,, (y)

    ReplyDelete

Thanks for stopping comment on my blog ♥

Custom Post Signature

Custom Post  Signature