Anyang-Anyangan Gejala Awal Yang Disepelekan


Saya termasuk salah satu orang yang sering bepergian keluar kota, entah hanya sekedar travelling ataupun dinas kantor. Dan salah satu kebiasaan ketika sedang bepergian adalah saya jarang sekali untuk minum air putih dikarenakan saya paling malas untuk berhenti di POM Bensin. Ya, kebanyakan POM Bensin dan toilet umum kurang begitu menjaga kebersihan kamar mandi, dan point inilah yang bikin saya males. Akan tetapi konsekuensi yang harus saya tanggung jika saya menahan buang air kecil pada saat perjalanan jauh adalah setibanya ditempat tujuan tempat pertama yang saya cari adalah kamar mandinya, dan yang bikin kesel lagi ketika udah sampai di kamar mandi, air seni yang keluar tidak banyak, dan itu tidak sebanding dengan perjuangan saya menahannya sepanjang jalan T^T.

Tidak sampai disitu aja pengalaman saya dengan kamar mandi, tidak sampai 20 menit setelah saya keluar dari kamar mandi, saya merasa ingin buang air kecil lagi. Dan hal ini sangat mengganggu saya ketika saya harus melakukan banyak aktivitas apalagi yang berhubungan dengan kantor. Saya pikir, seringnya saya bolak-balik ke kamar mandi ini akibat saya terlalu sering menahan buang air kecil. Awalnya sih saya cuek aja, tapi semua berubah ketika saya curhat ke salah satu temen. Ya, dia pernah mengalami hal seperti saya ini, sering bolak-balik kamar mandi akan tetapi air seni yang keluar hanya sedikit, dan dia bilang hal itu adalah gejala anyang-anyangan.

ANYANG-ANYANGAN? APA ITU?
Saya baru pertama kali mendengar istilah anyang-anyangan dari teman saya, akhirnya setelah dia memberitahu mengenai istilah anyang-anyangan ini langsunglah saya searching di internet, dan betapa kagetnya saya ketika mengetahui bahwa anyang-anyangan merupakan salah satu indikasi terkena penyakit infeksi saluaran kemih. Kaget? Takut? Panik? Iyaaa banget!


Anyang-anyangan merupakan salah satu indikasi terkena penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK). Dan ada beberapa hal yang membuat saya was-was ketika mengetahui beberapa fakta mengenai gejala anyag-anyangan ini. Anyang-anyangan ternyata sangat rentan terhadap ibu hamil dan juga wanita yang telah mengalami manopouse dan kekurangan hormon estrogen. Selain itu wanita lebih rentan mengalami anyang-anyangan daripada pria dan juga infonya 5 dari 10 wanita ternyata pernah mengalami infeksi saluran kemih. Serem banget ya? Tapi kenapa wanita bisa lebih rentan terserang? Anyang-anyangan rentan terhadap wanita dikarenakan wanita memiliki saluran kemih yang pendek, hal inilah yang menyebabkan bakteri mundah mencapai saluran kemih.


Gejala dari kondisi anyang-anyangan biasanya terlihat dalam beberapa kondisi dan terkadang tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Ada beberapa kondisi yang menjadi tanda-tanda kita bisa terkena penyakit infeksi saluran kemih (ISK), seperti:
1. Keinginan berlebih untuk buang air kecil
2. Sering buang air kecil tetapi dengan volume sedikit
3. Merasa sakit buang air kecil
4. Nyeri pada bagian panggul yang biasanya terjadi pada wanita
5. Sedangkan pada pria biasanya nyeri pada anus
6. Urine berwarna pekat, berbau menyengat dan terkadang mengeluarkan darah
7. Merasa sering lelah dan kurang sehat

Dan untunglah, bahwa gejala yang saya alami masih belom dikategorikan sebagai gejala yang serius. Meskipun begitu saya tetap harus waspada mengenai faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya anyang-anyangan, karena jika terus saya biarkan akan berbahaya di masa mendatang.

Padahal jika kita lihat penyebab anyang-anyangan ini merupakan hal yang sepele loh…


Sering Menggunakan Pakain Dalam Terlalu Ketat
Kebiasaan menggunakan pakaian dalam terlalu ketat ternyata bisa memicu gejala infeksi saluran kemih. Kok bisa? Iya, kebiasaan menggunakan pakaian dalam yang ketat dalam jangka waktu yang terlalu lama ternyata dapat memperbesar resiko keputihan. Bakteri penyebab keputihan ini ternyata juga bisa berpindah menuju saluran kemih dan menyebabkan infeksi saluran kemih. Serem kan?

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kopi dan Minuman Bersoda
Kopi dan minuman soda memang minuman paling seger ketika cuaca sedang panas-panasnya, tapi siapa sangka jika kedua jenis minuman ini berbahaya jika kita terlalu sering mengkonsumsinya. Ternyata kopi dan juga minuman bersoda dapat menyebabkan iritasi pada saluran kemih, dan hal ini memicu terjadinya anyang-anyangan yang merupakan indikasi awal penyebab infeksi saluran kemih.

Kurang Mengkonsumsi Air Putih
Kurang mengkonsumsi air putih merupakan hal dasar yang paling sering dilupakan dan siapa sangka jika asupan air putih ini merupakn hal yang sangat penting bagi tubuh kita.

Kurang Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Serat dan Nutrisi
Menjaga kesehatan tidak hanya dari luar tetapi juga dari dalam, dengan kurangnya kita mengkonsumsi serat dan nutrisi yang baik untuk kesehatan saluran kemih akan membuat kita mudah terkena infeksi saluran kemih.

Sering Menahan Buang Air Kecil (BAK)
Nah ini nih, kebiasaan yang sering saya lakukan dan ternyata kebiasaan ini sangat tidak baik untuk terus-terusan dilakukan. Karena males banget untuk turun di POM Bensin ataupun toilet umum jika sedang melakukan perjalanan jauh, apalagi jika kondisi toiletnya kurang bersih, mau gak mau saya lebih memilih untuk menahan buang air kecil, dan ternyata hal ini sangat berbahaya.

DAN BELAJAR DARI PENGALAMAN, BERIKUT BEBERAPA LANGKAH YANG SAYA LAKUKAN UNTUK MENGHINDARI GEJALA INFEKSI SALURAN KEMIH SEPERTI ANYANG-ANYANGAN UNTUK TIDAK MENEMPEL LAGI PADA SAYA.


Menjaga Kebersihan Area Intim
Apabila sedang berada di toilet umum saya lebih memilih menggunakan air mengalir untuk membasuh area intim saya. Saya juga selalu menyiapkan pakaian dalam cadangan, jaga-jaga apabila jika saya merasa pakaian dalam yang saya gunakan sudah terasa sedikit lembab. Dan yang paling penting, saya selalu menerapkan untuk membasuh area intim dengan benar, yaitu dari depan ke belakang. Karena apabila kita membasuh dari belakang ke depan kebiasaan ini berpotensial untuk membawa bakteri dari area belakang ke organ intim kita.
Selain itu untuk membersihkan dan membuat area intim lebih semriwing gunakanlah sabun khusus daerah kewanitaan. Kalian bisa menggunakan Prive Delicate yang mengandung bahan alami seperti teh hijau dan juga daun sirih. Tinggal pilih saja kalian ingin mendapatkan atau membutuhkan produk yang mana atau pengen sensasi seperti apa. Ingin Prive Delicate yang mengandung green tea dan manjakani atau Prive Delicate yang mengandung green tea dengan daun sirih. Penggunaan Prive Delicate ini bisa menghilangkan bau tidak sedap pada daerah kewanitaan dan juga mampu meremajakan, mengencangkan dan menyegarkan daerah kewanitaan dan juga memelihara daerah kewanitaan pada tingkat pH yang seimbang.

Perhatikan Kebersihan Toilet
Apabila sedang berada ditoilet umum dan kita agak was-was ketika melihat kebersihannya, maka selalu siapkan tissue basah dan tissue kering dalam tas kita. Tissue basah kita gunakan apabila kita khawatir dengan air yang ada di toilet umum, dan tissue kering kita gunakan untuk mengeringkan daerah intim agar lebih kering. Dengan membawa dua jenis tissue ini kita akan meminimalisir terkenanya bakteri-bakteri yang terdapat di toilet umum.

Memperbanyak Minum Air Putih
Kurangi minuman bersoda juga kopi dan memperbanyak minum air putih adalah salah satu cara mengindari infeksi saluran kemih. Untuk itu pastikan diri kita selalu mengkonsumsi air putih setiap harinya guna menjaga asupan air putih dalam diri kita tetap terjaga. Dengan memperbanyak minum air putih tubuh kita akan terhidrasi dan kita akan lebih sering mengeluarkan air seni sehingga bakteri yang menempel pada saluran kemih akan ikut luruh bersama keluarnya air seni. Jadi resiko kita terkena infeksi saluran kemih akan semakin kecil. Akan tetapi jumlah air putih yang kita komsumsi juga jangan terlalu berlebihan. Air putih idealnya hanya 0.03 liter per kilogam berat badan ya ^^

Jangan Suka Menahan Buang Air Kecil
Hindari kebiasaan menahan buang air kecil pada saat perjalanan jauh sepertinya adalah solusi yang tepat. Sekarang saya selalu membiasakan diri jika sudah merasa ingin buang air kecil saya pasti langsung mencari POM Bensin terdekat, setelah itu baru saya akan melanjutkan perjalanan kembali.

Menambah Gizi pada Makanan
Menjaga kesehatan tubuh itu tidak hanya dari luar tetapi juga dari dalam. Tubuh kita akan tetap sehat jika kita terus menerus mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Jika kalian tidak ingin terkena infeksi saluran kemih, gejala anyang-anyangan bisa diminimalisir dengan banyak mengkonsumsi jus buah cranberry. Buah cranberry memiliki banyak manfaat karena buah tersebut memiliki senyawa asam yang mampu mencegah anyang-anyangan yang merupakan gejala Infeksi Saluran Kemih. Buah cranberry diketahui memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins yang dapat menghilangkan bakteri E.colli dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Selain untuk menyembuhkan anyang-anyangan, buah cranberry juga memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan sangat penting untuk tubuh kita.


Akan tetapi daripada ribet bawa jus buah cranberry kemana-mana, sekarang sudah ada yang lebih praktis, yaitu Prive Uri-cranPrive Uri-cran mengandung ekstrak buah cranberry yang mampu dan efektif mencegah anyang-anyangan, karena mengandung ekstrak buah cranberry sudah pasti pula Prive Uri-cran ini mengandung proanthocyanidins yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri E-Colli. Prive Uri-cran ini dibuat dalam bentuk kapsul dan juga tersedia dalam bentuk powder sachet yang sangat praktis dibawa kemanapun kita pergi. Selain itu Prive Uri-cran ini bisa juga dikonsumsi oleh ibu hamil loh. Dan untuk kalian yang suka dingin, Prive Uri-cran ini bisa loh kita minum dengan air dingin, jadi jika udara sedang panas-panasnya Prive Uri-cran ini bisa banget ngademin tubuh kita sekaligus menjaga kesehatan tubuh kita, terutama organ intim dari bahaya bakteri E-colli.

Jadi mulai sekarang jangan pernah menyepelekan gejala anyang-anyangan lagi ya guys, karena jika gejal-gejalanya terus dibiarkan akan membuat kita mengalami infeksi saluran kemih yang akan sangat berbahaya pada tubuh kita.


Ah iya, jika kalian ingin tahu lebih banyak info mengenai anyang-anyangan, infeksi aluran kemih dan produk Prive Uri-cran ini? Silakan kunjungi Facebook Prive Uri-cran :)



Sumber:
http://www.alodokter.com/nyeri-saat-buang-air-kecil-waspadai-anyang-anyangan
https://www.facebook.com/priveuricran/?fref=nf
http://www.idnhot.xyz/2016/02/12/wow-ternyata-5-makanan-ini-bisa-menyehatkan-ginjal/4/
http://fruitwarehouse.blogspot.co.id/2012/02/cranberry-vaccinium-oxycoccus.html
penyebabinfeksisalurankemih.com
http://warungkopi.okezone.com/thread/506493


40 comments on "Anyang-Anyangan Gejala Awal Yang Disepelekan"
  1. Saya juga pernah mengalami infeksi saluran kemih. Kalau mau pipis atau menahan rasanya sakit sekali di bagian pinggul. Makanya lebih berhati-hati lagi agar tidak pernah kenal lagi. Kalau ada suplemen yang bisa membantu bagus juga untuk menjaga saluran kemih kita tetap sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, saya semejak tau kalo nahan BAK bisa menyebabkan infeksi saluran kemih gini jadi takut untuk nahan nahan lagi

      Delete
  2. aku pernah kena infeksi saluran kemih kak, dan itu nggak enak banget (yaiyalah penyakit apa coba yang enak). ISK itu ngundang penyakit-penyakit lain juga kak, jadi bener banget itu penyebab dan cara ngatasin yang kakak jabarin. Jangan sampe deh kena ISK, harus rajin minum air putih, jaga kebersihan, dan jaga suka nahan pipis :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus bisa jaga diri supaya ga sampe kena ISK :(
      sepele sih penyebabnya tapi dampaknya bahaya banget

      Delete
  3. Awalnya aku nggak tahu apa itu anyang-anyangan. Teryata penyakit ini rentan dialami perempuan ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, aku awalnya juga gak tau akhirnya dikasih tau temen dan mulai searching :3

      Delete
  4. Sakit bukan main klo pas lagi nahan kencing mba. Terus lagi pas kudu bolak balik ke kamar mandi. Sampe2 kukaretin kakiku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah anyangaanyangan ya dulu? atiati looh :3

      Delete
  5. sama, saya jg paling males bak di toilet umum huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak emang paling males kalo BAK di kamar mandi umum >.<

      Delete
  6. Kalo udah anyang-anyangan rasanya pengen pake pampers aja XD

    ReplyDelete
  7. Kalo udah anyang-anyangan rasanya pengen pake pampers aja XD

    ReplyDelete
  8. faktor usia juga berpengaruh karena otot yang mengatur dikandung kemih sudah kurang kuat. Aku mearsakannya dan perlu banyak minum air putih, itu solusi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba semakin bertambah usia emang semakin rentan :(

      Delete
  9. Sy jg suka nahan pipis klo bepergian jauh krn males dg fasilitas umum/wc umumnya...pdhal gak bagus bgt nahan pipis. Dulu malah parah bgt...kuaat deh nahan pipis smp seharian krn males sm toiletnya trus tahan gak minum spy ga pingin pipis.parah bgt... Sejak melahirkan mulai ga bs nahan tuh...
    Meski males suka memaksakan diri ke belakang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mba paling males sebenernya kalo bepergian jauh berhenti2 ke toilet umum, tapi skrang ga berani lagi nahan nahan pipis :(

      Delete
  10. Aku juga tuh mba, paling males kalo harus menempuh waktu berjam jam diatas mobil (plus macetnya) buat ke daerah bogor or banten. Suka pipis terus, udah gitu rest area nya kotor -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling ga enak ya mba kalo mau BAK tp toilet umum pada kotor :(

      Delete
  11. Kalau lagi kambuh, bolak-balik BAK memang jadi malapetaka. Semoga aja segera sembuh

    ReplyDelete
  12. Setiap habis minum kopi sayang sering banget harus bolbal ke toilet, awalnya saya kira efek samping kopi saja yang bikin urine makin banyak. Ternyata ada hubunganbya dengan isk, baru tahu. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba minum kopi kebanyakan ga baik utk tubuh, kalopun ingin minum kopi hrus diimbangi dengan konsumsi air putih

      Delete
  13. Setiap habis minum kopi sayang sering banget harus bolbal ke toilet, awalnya saya kira efek samping kopi saja yang bikin urine makin banyak. Ternyata ada hubunganbya dengan isk, baru tahu. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  14. Aduh ini dialami temen aku, sering ke toilet taunya ada masalah dengan saluran kemih dll. Emang ga bisa disepelein ya mba, thanks for sharing.

    ReplyDelete
  15. Anyang-anyangan ini rasanya nggak nyaman banget lo...kapok banget deh jangan sampe anyang-anyangan lagi

    ReplyDelete
  16. Infografis nya keren Mbak, memudahkan memahami=)

    ReplyDelete
  17. Infografis nya keren Mbak, memudahkan memahami=)

    ReplyDelete
  18. Kukira anyang-anyangannya anak-anak, tapi memang dianyang-anyangin (re: dimain-mainin) ya, jadi bolak-balik toilet terus...

    ReplyDelete
  19. Alhmdulillah kalo skrg aku udh jarang anyang2an mba, waktu kecil dlu sering anyang2an.

    ReplyDelete
  20. Saya dulu juga sering banget anyang anyangan, rasanya kebelet pipis terus. Waktu itu aku belum tau kalau Prive Uri-cran adalah obatnya, tapi semenjak ada Prive Uri-cran, sekarang saya jadi lebih tenang. Soalnya nanti begitu terseran anyang anyangan, Prive Uri-cran bisa jadi pilihan tepat untuk mengatasi anyang anyangan.

    ReplyDelete
  21. Aduh.... semua penyebab itu jadi kebiasaanku.... harus waspada nih... takuut

    ReplyDelete
  22. Semoga sukses ngontesnya Mbak....
    Banyak yang ikut GA ini.... alhamdulillah sedari tadi baca tentang anyang-anyangan, jadi pengen ikut juga.

    ReplyDelete
  23. Wah baru tau kalau anyang anyangan bisa jadi ISK..makasih informasinya mba..

    ReplyDelete
  24. Wah, makasih loh mbak udah share gejala dan cara mengatasi ayang2an info ya bermanfaat banget. Bagi yang masih menahan pipis semoga segera menuju ke toilet untuk mencegah penyakit anyang2an hehe

    ReplyDelete
  25. aduh ga deh nahan2 pipis, banyak ga manfaatnya ya :)

    ReplyDelete
  26. Hiks... saya sering anyang-anyangen, Mba. Ngga pake sakit, sih, cuma ngga nyaman aja dikit2 ke toilet. Apalagi kalo pas perjalanan, duuh ribet cari pom bensin :))

    ReplyDelete

Thanks for stopping comment on my blog ♥

Custom Post Signature

Custom Post  Signature