Special Birthday, Beautiesquad 101 ! Ngopi Cantik #3


Hallo girls, postinganku kali ini agak sedikit beda dari postingan sebelum-sebelumnya nih. Kenapa beda? Karena postingan kali ini akan bercerita mengenai Ngopi Cantik Beautiesquad. Udah pada tau dong kalo Beautiesquad merupakan salah satu komunitas beauty blogger Indonesia yang selalu mengadakan kegiatan Ngopi Cantik disetiap bulannya? Apa sih Ngoopi Cantik itu? Ngopi cantik itu merupakan salah satu kegiatan diskusi yang setiap bulannya akan menampilkan beberpaa tema tertentu, mulai dari fotografi, SEO blog dan kali ini untuk tema Ngopi Cantik #3 memiliki topik mengupas semua hal mengenai Beautiesquad 101. Kenapa harus tentang Beautiesquad? Karena bulan ini tepatnya tanggal 23 November 2017, merupakan Beautiesquad First Annyversary! Yeay!

Happy Birthday Beautiesquad!
Semoga menjadi Komunitas Beauty Blogger yang makin kece dan juga kreatif!

Jadi siapa aja nih yang udah tau Beautiesquad dan udah join grup facebook Beautiesquad? Atau ada yang belum tau mengenai Beautiesquad? Nah untuk kalian yang belum tau mengenai Beautiesquad, kali ini aku akan mengupas segala sesuatu mengenai Beautiesquad hingga ke akar-akarnya! Hihi Jadi rasa penasaran yang selama ini penasaran kalian rasakan mengenai Beautiesquad akan sirna! Sudah siap baca postinganku? Yuk intip seluk beluk mengenai komunitas Beautiesquad bareng aku! :D

Beautiesquad merupakan komunitas beauty blogger yang anggotanya tersebar di segala penjuru Indonesia. Beautiesquad sendiri dibentuk untuk menyatukan seluruh beauty blogger yang ada di Indonesia dan juga sebagai wadah untuk para beauty blogger supaya dapat berkembang dan belajar bersama mengenai dunia blogger dan tentunya juga belajar mengenai beauty bersama-sama. Tidak hanya belajar mengenai makeup, dalam komunitas beauty blogger ini kita juga bisa belajar mengenai fotografi, cara menulis blog, belajar mengenai SEO blog, cara menghadapi klien, bahkan kita diajarkan untuk disiplin waktu yang diwujudkan dalam sebuah postingan. Penasaran? Nanti aku akan bahas lebih lanjut di bawah, jadi tetep stay tune terus yaa ^^

Sebenernya aku belom lama sih bergabung dalam Beautiesquad, akan tetapi bisa dibilang banyak sekali manfaat yang bisa aku dapatkan, dimulai dari banyaknya ilmu yang bisa aku pelajari seperti ilmu-ilmu yang udah aku sebutkan di atas dan juga circle pertemananku sesama blogger juga bertambah. Tentunya banyak banget hal positif yang aku dapatkan ketika bergabung dalam komunitas ini. Bahkan setelah bergabung dalam komunitas ini aku bisa berkolaborasi dengan berbagai brand-brand yang bekerjasama dengan Beautiesquad.


Beautiesquad lahir pada bulan November 2016, yap bulan ini merupakan Beautiesquad First Anniversary. Komunitas ini dibentuk oleh Kak Virly beserta dua blogger lainnya yaitu Annisa juga Liana yang pada awalnya hanya bertujuan untuk membuat grup chat untuk sesama beauty blogger. Beauties merupakan nama awal yang digunakan untuk komunitas ini. Akan tetapi dengan berbagai pertimbangan mereka pun mengganti nama grup ini dengan tujuan untuk menguatkan bahwa grup ini merupakan sebuah komunitas sehingga di belakang kata “Beauties” disematkan kata “Squad”. Maka lahirlah BEAUTIESQUAD.

Setelah pergantian nama, maka ditetapkanlah pada tanggl 23 November 2016 merupakan hari jadi Beautiesquad. Dimana pada tanggal ini merupakan hari pertama Beautiesquad mengadakan makeup kolaborasi dengan tema “Smokey Eyes”. Pada awal Beautiesquad membentuk komunitas ini, Beautiesquad menerima semua orang yang tertarik megenai dunia permakeupan bahkan orang-orang yang tidak memiliki blog sekalipun bisa masuk ke dalam komunitas ini, karena memang diawal tujuan Beautiesquad adalah sebagai wadah berdiskusi para beauty enthusiast yang dapat digunakan untuk saling bertukar pikiran mengenai dunia beauty. Akan tetapi pada awal 2017 Beautiesquad mulai serius untuk menangani komunitas untuk para beauty enthusiast ini, sehingga Beautiesquad memutuskan untuk membentuk kepengurusan dan mewajibkan untuk setiap member yang ingin bergabung dalam Beautiesquad wajib memiliki blog agar sesuai dengan visi dan misi yang telah dibuat oleh Beautiesquad.

Dengan terbentuknya pengurus dan visi misi yang jelas, Beautiesquad semakin lama semakin berkembang dan mampu menarik beberapa brand kosmetik untuk bisa bekerjasama, salah satunya Inez Cosmetics yang bisa dibilang sebagai langkah awal mulainya komunitas ini bisa lebih dikenal oleh para beauty blogger. Yap, dikarenakan project bersama Inez Cosmetics ini akhirnya banyak sekali para beauty blogger yang mengenal Beautiesquad dan ingin bergabung bersama komunitas ini sehingga para pengurus mengambil langkah untuk membuat grup facebook dengan harapan para beauty blogger dapat gabung dalam komunitas ini dan bisa berkembang juga belajar bersama mengenai dunia beauty dan juga dunia perbloggeran.

Tidak hanya Inez Cosmetics, banyak brand-brand cosmetics lain yang hingga sekarang sudah bekerjasama dengan Beautiesquad. Dan jika kalian jeli melihat aktivitas member-member Beautiesquad, pasti terkadang kalian berfikir “kok hanya itu-itu aja sih yang bisa mendapatkan kesempatan untuk berkerjasama dengan Beautiesquad?” Jika kalian memiliki pertanyaan seperti itu, member-member yang biasa kalian lihat merupakan member inti dari Beautiesquad. Akan tetapi tidak hanya member inti yang bisa bekerjasama dengan brand yang berkolaborasi dengan Beautiesquad, beberapa member facebook terkadang juga mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama. Nah kalian pasti bertanya mengenai apa sih member inti itu dan siapa saja membernya. Member inti merupakan anggota inti Beautiesquad yang tergabung dalam grup whatsapp yang sudah bergabung dalam Beautiesquad sebelum komunitas ini berkembang hingga sekarang. For your info aja nih girls semenjak Beautiesquad menjadi closed grup ternyata baru 2 orang dari member facebook aja yang berhasil masuk ke dalam member inti Beautiesquad. Lumayan ketat juga ya? Jadi kalian penasaran ngga kenapa mereka bisa masuk dan bagaimana caranya supaya bisa gabung dalam member inti Beautiesquad? Simak postinganku ini sampe selesai ya girls, jangan lupa siapin cireng siapa tau kalian pada laper :p

Sebelum aku ngasih tau gimana cara untuk gabung menjadi member inti Beautiesquad, aku bakalan ngenalin kalian lebih dulu tentang kepengurusan Beautiesquad dan juga program-program apa aja sih yang dimiliki oleh Beautiesquad. Ngopi cantik merupakan salah satu program bulanan yang dimiliki oleh Beautiesquad selain Makeup Kolaborasi yang mana setiap beauty blogger boleh bergabung dalam program rutin ini. Ah iya, belum lama ini kepengurusan Beautiesquad telah mengalami reshuffle pada pertengahan tahun 2017. Sehingga beberapa pengurus mulai “gencar” untuk menerapkan aturan yang sesuai dengan visi dan misi yang Beautiesquad miliki. Selain itu Beautiesquad juga ingin membuat member facebook untuk lebih terarah dan sesuai dengan standart blogger juga standart yang dimiliki oleh Beautiesquad yang nantinya dapat diseleksi dan tergabung dalam member inti Beautiesquad yang ada dalam grup whatsapp.

Dan karena adanya reshuffle kepengeurusan, ada beberapa posisi kepengurusan yang memiliki wajah baru salah satuya adalah posisi Chief Officer yang saat ini jabatannya dipegang oleh Kak Vina Eska. Tugas dari Kak Vina sendiri adalah melaksanakan visi dan misi yang dibentuk oleh founder Beautiesquad dan melaksanakan keputusan-keputusan yang telah dibuat. Selain itu tugas dari Chief Officer juga membantu founder untuk mematau progres pengurus dan juga membantu serta memberikan semangat ataupun motivasi kepada member Beautiesquad baik member inti ataupun member facebook. Anyway Congrats ya Kak Vina!

Dan berikut adalah formasi pengurus Beautiesquad terbaru


Karena banyaknya antusias para beauty blogger yang ingin bergabung dalam anggota inti Beautiesquad, maka pengurus Beautiesquad memiliki aturan-aturan wajib sebagai syarat agar para member facebook bisa lolos dan bisa menjadi anggota inti Beautiesquad. Penasaran apa aja? Nih simak beberapa aturannya ^^

Memiliki Blog
Karena Beautiesquad merupakan komunitas beauty blogger, maka syarat utama sebagai member kalian harus memiliki blog. Blog yang dimiliki  dianjurkan menggunakan tema yang SEO friendly serta menarik dan enak dibaca. Tidak hanya itu saja kita juga dianjurkan untuk dapat menulis sebuah postingan yang sangat komunikatif, mengandung standart SEO, dan juga dianjurkan untuk memiliki postingan yang menarik untuk dibaca. Tidak hanya dalam segi penulisan, kalian juga dianjurkan untuk memahami fotografi, sebagai pelengkap sebah postingan, karena dengan menggunakan foto-foto yang bagus dan enak dipandang menjadi salah satu nilai tambah pada postingan yang kalian miliki.

Top Level Domain (TLD)
Peraturan ini merupakan peraturan baru yang dimiliki Beautiesquad. Karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk mengadakan kerjasama dalam bentuk paid sponsored maka syarat TLD untuk sebuah blog sangat diutamakan. Penetapan TLD untuk sebuah blog ini bertujuan supaya kita dapat menegcek Domain Authority (DA) dan juga Page Authority (PA), dan pada score yang dimiliki oleh DA/PA inilah blog kita dapat dinilai ketenarannya.

Membuat Postingan Mengenai Beauty Minimal Dua Kali Dalam Sebulan
Seperti yang sudah aku jelaskan diatas, jika Beautiesquad merupakan komunitas beauty blogger, maka diapstikan kalian harus mengulas tentang beauty disetiap bulannya. Tidak hanya selalu mereview tentang produk beauty, kalian bisa memposting mengenai tutorial, tips and trick mengenai makeup ataupun memberikan rekomendasi mengenai produk-produk makeup on budget dll. Mudah kan?

Memiliki Attitude dan Dispilin Terhadap Waktu
Hal ini bisa dibilang merupakan point penting lainnya, karena tentunya attitude merupakan hal yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Etika merupakan hal mendasar yang harus kita miliki, apalagi jika kita dihadapkan dengan banyak orang dan juga diharuskan untuk melakukan kerjasama dengan orang lain.

Kenapa point ini harus ditekankan oleh Beautiesquad? Karena apabila kita sedang melakukan kerjasama ataupun collab dengan brand yang mana sudah memiliki deadline yang wajib kita patuhi, tentunya kita memiiki tanggung jawab besar yang wajib kita emban dan kita harus mampu untuk menyelesaikan tugas yang memang sudah kita sanggupi diawal kerjasama. Untuk itu jika kita memiliki etika dan dispilin waktu yang baik tentunya kita dengan sadar diri akan terus memenuhi apa yang emang kita sanggupi diawal. Dan apabila memang pada pelaksanaanya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, jika kita memiliki etika yang baik, kita harus menghubungi dan berkomuniasi dengan pengurus apabila kita tidak bisa menyelesaikan tugas sesuai dengan deadline yang diberikan.

Memiliki Fanpage dan Twitter
JIka kalian ingin bergabung dalam Beautiesquad kalian wajib untuk mengaktifkan dua media social ini ya. Karena dengan memiliki fanpage facebook dan juga twitter kita bisa saling sharing tulisan kita, sehingga akan lebih banyak orang yang bisa membaca postingan yang kita buat. Jadi siapa nih diantara kalian yang twitternyna nggak aktif? Dan masih belum memiliki fanpage? Yuk segera bikin dan aktifkan kembali ya!

Menjadi Member yang Aktif
Aktif adalah salah satu kata yang wajib dimiliki oleh seorang blogger. Tidak hanya aktif dalam menulis, kalian juga diharuskan untuk aktif bermedia social, saling berinteraksi dengan sesame member, juga aktif dalam berkontribusi dalam komunitas, seperti rajin untuk mengikuti makeup collab, ngopi cantik ataupun aktif dalam berbagai program yang diselenggarakan oleh Beautiesquad.

Rajin Mengikuti Kolaborasi Beautiesquad
Rajin dan aktif mengikuti program-program yang diselenggarakan oleh Beautiesquad disetiap bulannya adalah salah satu cara bagi pengurus untuk mengenal kalian juga mengetahui blog yang kalian miliki. Dengan kalian aktif untuk melakukan kolaborasi pengurus tentunya dapat menimbang apakah kalian mampu dan sesuai dengan kriteria yang dimiliki untuk menjadi member inti Beautiesquad. Dan apabila kalian ngga aktif dalam mengikuti kolaborasi yang diselenggarakan oleh Beautiesquad, gimana pengurus akan mengetahui keberadaan kalian. Bener ngga?

Lolos dari Community Relations, Chief Officers dan Founder
Yap, sebisa mungkin kalian harus memenuhi kriteria yang dimiliki oleh pengurus Beautiesquad. Jika kalian merasa sudah memenuhi setiap kriteria tetapi masih belum bisa masuk ke dalam member inti, mungkin masih ada beberapa syarat yang terlewat dan masih kurang, seperti isi postingan masih kurang dari standart minimal yang berpengaruh pada SEO postingan ataupun masih telat dalam mengerjakan deadline postingan. Yap, coba kalian cermati satu-persatu syarat yang dimiliki oleh Beautiesquad ada syarat yang terlewat atau tidak. Tapi apabila kalian sudah yakin 100% sudah memenuhi syarat yang dimiliki tapi belum masuk ke dalam member inti, sepertinya tinggal waktu sih yang menentukan aja sih XD

Jadi gimana? Cukup membantu ngga penjelasanku mengenai Beautiesquad ini? Agak sedikit ribet sih memang, tapi percaya deh pengurus membuat peraturan-peraturan ini supaya bisa membuat kita menjadi blogger yang lebih baik lagi apalagi mengenai soal waktu. Ya ngga? Toh ngga ada ruginya untuk kit ajika kita memenuhi semua syaratnya. Iya kan?

Last but not least, postingan ini aku ikut sertakan dalam giveaway Beautiesquad yang ke-empat. Kali ini Beautiesquad bekerjasama dengan Nihonmart. Jadi kalian udah ikutan belom, hari ini terakhir loh XD Oh iya kalian bisa kepoin akun social media Beautiesquad juga Nihonmart di bawah ini ya, kalian tinggal klik linknya aja :D

Beautiesquad

Nihonmart

-------------------------------------

Happy First Anniversary Beautiesquad!
5 comments on "Special Birthday, Beautiesquad 101 ! Ngopi Cantik #3"
  1. Makasi ucapannyaa, aku masih kaget ngeliat wajahku di banyak blog. Wkwkwk

    www.vinasaysbeauty.com

    ReplyDelete
  2. kaya nya serunya bisa gabung di beautisqued,,..

    ReplyDelete
  3. habede beautiesquad!! Aku baru sekali doang nih ikutan challengenya~~

    ReplyDelete

Thanks for stopping comment on my blog ♥

Custom Post Signature

Custom Post  Signature