Bahan Kosmetik Penyebab Iritasi Wajah


Kosmetik, merupakan salah satu alat tempur utama bagi setiap wanita untuk menjalani hari-hari mereka. Namun, sudahkah kalian mengetahui kandungan apa saja yang terdapat dalam kosmetik yang sedang kalian gunakan? Bagi kalian yang sangat akrab dengan kosmetik, akan lebih baiknya jika kaliam sedikit lebih jeli untuk mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam kosmetik yang kalian pakai sehari-hari, karena dengan mengetahui zat-zat yang terkandaung dalam kosmetik yang kalian gunakan, kalian pasti akan lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya. Mungkin kalian akan berpikiran bahwa harga dan brand akan menjadi prioritas nomor dua setelah mempertimbangkan efek pada kesehatan dan keamanan kulit.

Ada beberapa zat yang terkandung dalam kosmetik, dimana jika kalian aplikasikan ke wajah, justru akan menimbulkan iritasi, merusak kulit dan dalam jangka waktu lama akan berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Untuk itu, yuk simak apa saja sih zat berbahaya yang terkandung dalam kosmetik yang harus kalian tahu agar kulit wajah dan kulit tubuh kalian tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya. Berikut  beberapa zat berbahaya yang terkandung dalam kosmetik yang dapat membuat kulitmu rusak atau iritasi:

1| DEA (Diethanolamine), TEA (Triethanolamine), MEA (Monoethanolamine)
Bahan-bahan ini dapat saja jita temukan dalam sebuah produk kecantikan. Penggunaan zat-zat berbahaya ini biasanya digunakan secara bersamaan. Zat-zat yang terkandung dalam bahan tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi yang hebat. Dalam penggunaan jangka panjang, akan meningkatkan risiko terjadinya kanker hati.

2| Triethanolamine
Zat ini berfungsi sebagai pengatur Ph pada kosmetik-kosmetik dan dapat juga menjadi bahan dasar bagi produk-produk pembersih. Zat ini dapat menyebabkan alergi pada kulit. Penggunaan dalam jangka panjang akan menumpuk racun pada kulit dan berakibat fatal pada tubuh.

3| Propylene Glycol
Zat ini dapat juga ditemukan pada produk perawatan wajah dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Zat ini juga dibuktikan dapat menyebabkan kanker hati.

4| Petroleum Distillates
Zat ini biasanya disebut parafin cair yang berasal dari destilasi minyak bumi dan tergolong zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker) bagi manusia. Zat ini umumnya ditemukan pada kosmetik mascara.

5| Sodium Lauryl Sulfate (SLS) & Ammonium Lauryl Sulfate (ALS)
Zat ini sering digunakan untuk campuran bahan-bahan perlengkapan mandi seperti sabun dan shampoo. Kedua bahan ini menyebabkan iritasi pada kulit dan serapan ke dalam kulit yang begitu cepat kemudian pada akhirnya mengendap di dalam organ-organ tubuh seperti  otak, jantung, hati, dll.

6| Talc
Bahan kimia berbahaya ini bisa ditemukan dalam kosmetik seperti deodoran, sabun, eye shadow, dsb. Talc tergolong zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker, seperti kanker ovarium.

7| Merkuri
Zat yang biasanya sering disebut dengan raksa ini berfungsi untuk memutihkan kulit dan banyak terkandung dalam skincare. Bahan ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan kulit seperti alergi dan iritasi pada kulit.

8| Isopropyl Alcohol
Zat alkohol ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan merusak lapisan kulit sehingga bakteri dapat tumbuh subur di permukaan kulit yang rusak. Isopropyl alcohol juga dapat menyebabkan penuaan dini.

9| Resorsinol
Resorsinol merupakan zat berbahaya yang banyak terkandung dalam kosmetik. Selain menyebabkan iritasi pada kulit, resorsinol juga dapat mengganggu sistem imun tubuh. Jika kosmetik yang mengandung resorsinol ini diaplikasikan ke kulit yang terluka, maka akan terjadi dermatitis, iritasi mata, dyspepsia, dan lain sebagainya.

10| Partikel Nano
Jenis partikel nano seperti zinc oxide dan titanium oxide dapat kalian temukan dalam lotion tabir surya atau krim kulit lainnya. Penggunaan kosmetik yang mengandung partikel nano akan merusak kulit dan merusak jaringan otak.

11| Kationik Surfaktan
Zat ini banyak digunakan pada produk perawatan rambut seperti conditioner. Penggunaan yang lama akan merusak jaringan kulit kepala dan dapat membuat rambut kering dan rapuh.



Jadi sudah tau kan bahan berbahaya apa saja yang seharusnya tidak terkandung dalam kosmetik yang kita gunakan? Yuk mulai sekarang teliti terlebih dahulu bahan-bahan apa saja sih yang terkandung pada kosmetik yang akan kita beli.
16 comments on "Bahan Kosmetik Penyebab Iritasi Wajah"
  1. Aduh serem banget ih efek sampingnya. Aku termasuk salah satu orang yang sangat pilih-pilih masalah produk kecantikan. Pernah ditawarin kosmetik high-end yang murah meriah tapi rasanya ganjil banget. Kayanya KW deh. Gila kalik pake kosmetik KW, muka mau jadi kayak gimana ntar D:

    ReplyDelete
  2. Harus berhati hati lagi nih untuk mencari kosmetik ya mba. Tapi kadang kurang jeli sih ya mba. Beli karna iklan. Hikss :(

    ReplyDelete
  3. Hanya mercuri yang familiar saya dengar. ternyata banyak bahan lain ya
    hati2 lagi milih alat kecantikan buat yang suka dandan :)

    ReplyDelete
  4. Aku jarang pakai makeup, tapi ternyata bahan-bahan berbahaya juga terdapat di dalam conditioner rambut ya.. harus lebih hati-hati nih

    ReplyDelete
  5. Hidroquinon juga bahaya tuh buat kulit, biasanya ada di pemutih. Kalo kandungan lipstik yang bahaya Rhodenim B kalo nggak salah, itu zat pewarna.

    ReplyDelete
  6. Iya niy aku jadi parno, Ternyata banyak kosmetik yang mengandung zat2 yg dapat membuat iritasi kukit yaa.

    Tetep waspada yaa!!

    ReplyDelete
  7. Talc sama kyk bedak talc buat gatel itu bukan? waduh, klo iya masuk dadtar coret nih

    ReplyDelete
  8. Istilah yg asing semua buat aku mbaa.. aduh jd pingin baca igredients kosmetik2 yg kupake nih, aman gk yaa

    ReplyDelete
  9. Temenku pernah Mba, nyobain produk kosmetik. Wajahnya muluuusss, sampai nyamuk aja katanya nggak bisa gigit.
    Ternyata pas krimnya habis, wajahnya bruntusan, kayak jerawat gitu. Serem banget. Ternyata karena krimnya itu mengandung merkuri :(

    ReplyDelete
  10. jadi tahu bahan2 kosmetik yg bisa bikin iritasi

    ReplyDelete
  11. Wah.. banyak juga ya, bahan bahan tsb sering ada di kosmetik dan ga bisa dihindari . Memang bahan alami itulah yang aman ya. Makanya kulit orang tua zaman dahulu orang bermasalah ya mba, cuma mang gak seputih dan semulus wanita modern sih..tapi mereka mendapatkan kenyamanan

    ReplyDelete
  12. waduh jadi serem mau pake apa-apa.
    makanya selain make kosmetik dan skincare yang vegan aku juga jadi rajin detox dari dalam. cobain deh mbak, kulit jadi lebih bersihhh

    ReplyDelete
  13. aku jadi was was dengan kosmetik yang aku pakai apalagi kalau sampai merusak jaringan kulit dan jaringan otak, meski lebih aware lagi nih

    ReplyDelete
  14. Banyak banget ya bahan bahan yang nggak baik buat kulit. Mana kita sangat jarang buat ngecek apa isi dari satu produk.

    ReplyDelete
  15. Wah harus semakin hati-hati nih ya memilih kosmetik... >.<
    ternyata banyak banget kosmetik yang berakibat menjadi kanker hati :(

    ReplyDelete

Thanks for stopping comment on my blog ♥

Custom Post Signature

Custom Post  Signature