Akhir bulan dompet menipis? 5 Barang bekas ini bisa jadi penyelamatmu!



Bagi sebagian orang, akhir bulan mungkin bisa menjadi salah satu moment yang paling tidak diharapkan. Yap, bagaimana tidak jika setiap akhir bulan isi dompet kita seakan menguap entah kemana. Dan kita juga seakan menjadi orang yang mudah cemas setiap ingin melakukan suatu hal, ingin makan cemas sama isi dompet, ingin hangout sama temen khawatir uang didompet habis. Bete nggak sih? Eits, jangan mau kalah dong sama “akhir bulan” jika kalian memiliki 5 benda bekas ini, dijamin deh akhir bulan yang suram akan sedikit lebih cerah! Karena 5 benda bekas ini bisa kalian jual dan hasil penjualannya cukup lumayan untuk menambah isi dompet kalian. Nah, apa ajasih barang-barang bekas disekitar kalian yang bisa kalian manfaatkan? Yuk simak artikel ini

1. Kertas
Untuk kalian yang masih berstatus mahasiswa hidup kalian pasti nggak bakalan jauh-jauh dari yang namanya kertas, entah kertas fotokopian materi kuliah, catatan, atau juga kertas bekas hasil tugas kuliah. Dijamin deh banyak banget kertas-kertas bekas yang sedang numpuk dikamar kalian. Apalagi jika kalian sedang dihadapkan dengan skripsi, kertas revisian pasti juga menjadi salah satu penghuni setia kamar tidur kalian. Daripada dibiarkan menumpuk dan berdebu dikamar bukankah lebih baik kertas-kertas yang tidak terpakai kalian jual. Hasilnya lumayan untuk mengisi dompet akhir bulan kalian loh!


Coba ketika kalian sedang senggang pisahkan kertas-kertas yang menurut kalian sudah tidak kalian gunakan. Setelah itu ikat rapi sesuai dengan jenisnya. Misalnya kertas koran ataupun kertas HVS, jangan lupa pisahkan sesuai jenisnya ya, karena biasanya harga kertas-kertas tersebut akan berbeda. Setelah kalian pisahkan jangan lupa kalian ikat rapi dengan tali setiap kilogramnya supaya lebih mudah pada saat proses perhitungannya.

2. Isi lemari dan meja rias

Punya pakaian, sepatu, tas ataupun kosmetik yang sudah tidak terpakai? Jangan biarkan barang-barang ini menumpuk di dalam kamar kalian. Lebih baik pakaian, sepatu, tas ataupun kosmetik yang kalian punya bisa kalian jual melalui garage sale atau juga bisa kalian preloved secara online. Daripada menumpuk tidak berguna di dalam kamar lebih baik dijual dan digunakan oleh orang lain bukan? Pasang harga yang layak untuk setiap barang yang kalian jual dan jangan lupa untuk mempromosikannya melalui media social, supaya barang yang kalian jual cepat lakunya :D

3. Novel

Kalian yang hobi membaca dan mengoleksi novel coba deh sesekali periksa lemari buku kalian. Pasti ada dong novel dan buku yang menjadi favorit dan tidak. Daripada menumpuk dilemari saja dan rusak, bukankah lebih baik jika novel-novel ataupun buku yang sudah tidak kalian baca itu kalian jual? Kalian bisa menjual novel ataupun buku bacaan kalian ini kepada penikmat buku lainnya melalui media online. Dengan jual buku online kalian bisa lebih dipermudah, karena dengan media online pembeli langsung bisa melihat buku-buku apa saja yang kalian jual.


Untuk harga buku atau novel yang masih baru kalian bisa memberikan harga 80% dari harga asli dan untuk buku lama kalian bisa memberikan harga yang sama rata. Biasanya untuk buku atau novel bekas harga tergantung dengan kondisi buku ataupun tahun terbit novel atau buku tersebut. Ah iya, jika dihitung-hitung hasil dari penjualan buku atau novel bekas termasuk lumayan loh.

4. Kaleng atau Botol

Jika kalian anak kosan, pasti suka dong beli air mineral untuk kebutuhan sehari-hari? Biasanya botol yang udah kosong, selalu kalian kumpulin atau langsung kalian buang? Jika masih kalian kumpulkan beruntunglah kalian, karena dengan botol kosong akhir bulan kalian akan sedikit lebih cerah. Karena botol kosong pun ternyata bisa juga menjadi salah satu “penghasilan” kalian di akhir bulan loh. Selan itu kaleng-kaleng kosong bekas camilan pun ternyata juga bisa menjadi salah satu sumber “penghasilan” lainnya. Dan harganya cukup lumayan jika kalian jual.

5. Barang Elektronik

Barang eletronik juga menjadi salah satu barang bekas alternatif yang bisa menyelamatkan akhir bulan kalian. Coba sesekali cek setiap sudut rumah atau kosan , siapa tau ada barang elektronik rusak yang bisa kalian jual. Meskipun harganya tidak sebanding dengan harga beli tapi lumayan loh kalian bisa mendapatkan Rp 20.000 hingga Rp 50.000. Cukup kan untuk jajan 2-3 hari?

Jadi gimana? Di akhir bulan dompet kalian masih kempes aja? Kalo dirumah nggak ada barang bekas, coba cek tetangga sebelah, kali aja rumahya penuh sama barang bekas.hihi
45 comments on "Akhir bulan dompet menipis? 5 Barang bekas ini bisa jadi penyelamatmu!"
  1. Kertas! Yampun aku inget banget dulu waktu masih di organisasi kampus suka ngumpulin kertas bekas di basecamp terus dibawa temen ke kiloan. Lumayan bisa nambah uang kas :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bener banget mbaa, kertas mah bisa jadi sumber pengisi dompet XD

      Delete
  2. Tambahan dari makemak: Kantong kresek sama karet. Itu kalo dikumpulin terus dikasih ke tukang sayur mereka seneng banget loh. Biasanya dikasih imbalan berupa tempe atau sayuran atau malah cabe. Mayan kan, apalagi cabe lagi mahal :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. karet bisa juga toh dikiloin? baru tauuu :D
      thankyou infonya mak! hihi

      Delete
  3. Bisa juga nih ide untuk berbisnis jual novel. Daripada numpuk ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyess mbaak, daripada numpuk banyak dirumaah :D

      Delete
  4. Iya bnr jg mba... noted tp apa yg d jual y... brgny dikit^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nunggu banyak dulu aja mba barang bekasnya XD

      Delete
  5. Waaaa...kelima-limanya barang-barang ini ada di rumah. Lalu mikir yang mana dulu nih yang mau dijual :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mbak daripada numpuk dirumah, sekallian beres2 rumah dari benda yang ngga terpakai ^^

      Delete
  6. kertas dan kardus bekas Mbaa, lumayan banget bisa jadi uang, hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya karduss bekass, belom aku masukin hihi
      iya mbak lumayan bisa jadi duit :D

      Delete
  7. Kalau koleksi buku/novel, saya kok masih mikir2 utk melelangnya. Setiap buku punya cerita tersendiri *efek romantisme*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masih disayang sayang sih jangan di jual mbak :D

      Delete
  8. Ada banyak buku, tapi sayang dijual. Walau dibaca juga udah susah. Hiiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu sihh ditumpuk aja dulu mbak XD

      Delete
  9. hahaha kok mak nih tau aja.. aku pernah jual barang2 bekas ke tkg loak krn dompet sudah menipis utk beli beras :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa, saya pun juga begitu soalnyaa, kalo udah lagi bokek yaa jual barang bekaas :3

      Delete
  10. Setuju banget nih! Aku jg akhirnya preloved beberapa novel dan buku, daripada numpuk gajelas hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess, preloved emang cara terbaik ngurangin barang barang yang nggak terpakai :D
      selain dikasihkan ke orang sih hihi

      Delete
  11. Botol2 iyaa...saya sering juga ngumpulin botol, cuma belum tau kemana mau ngiloinnya. Gak begitu paham.

    ReplyDelete
  12. Idenya kece2 mba. Bener juga ih ngejualin buku. tapi... suka sayang, barang koleksi gitu loh XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo barang koleksi jangan dijual mba.hihi pasti sayang banget kalo mau ngejualinnya :3

      Delete
  13. Wah kalau novel atau buku saya gak akan jual ah :) mending jual pakaian daripada jual buku mah... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang dijual buku TK anak anak aja mbak XD

      Delete
  14. Ngumpulin barang bekas...di kilo he2

    ReplyDelete
  15. Betul juga, barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, bisa dijual untuk menambah penghasilan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, selain menambah penghasilan juga ngurangin barang yang ke pake ^^

      Delete
  16. Kalau akhir bulan gini saya biasanya ngecek tas dan dompet, nyari-nyari koin 500 sama 1000 wkwkwkwk.. Lumayanlah, bisa kekumpul sampai 20rb-50rb.

    ReplyDelete
  17. Betul juga, jual barang bekas untuk isi dompet. Lumayan hasilnya :D
    Aku biasanya botol air kemasan, meski dapatnya paling cuma 15 ribu, tapi udah seneng.

    ReplyDelete
  18. yang bagian kertas itu juga saya suka ngumpulin. Terutama koran buat diloakkin. :D

    ReplyDelete
  19. Aku juga barusan ngejual botol bekas yang sejak lama aku kumpul, hasil yang di dapat 3kg, dapat duit 4500

    ReplyDelete
  20. Aku juga barusan ngejual botol bekas yang sejak lama aku kumpul, hasil yang di dapat 3kg, dapat duit 4500

    ReplyDelete
  21. Ah iya, jd keingat mau jual kosmetika preloved thx mbk :D

    ReplyDelete
  22. hahaha, ide blog postnya unik :) Kalo aku meski ga tanggal tua, udah pasti nyortir2 biar ga penuh dan ada sirkulasi barang Dijual atau dibagi dengan ikhlas, eh sama2 datengin rejeki loh :)

    ReplyDelete
  23. Ha ha kocak dan kreatif ide mengisi dompet tanggal tua asli ngakak bacanya soalnya pengalaman kalau lagi bokek cari barang bekas dirumah buat di loak

    ReplyDelete
  24. nggak jadi tanggal tua deh ya mbak
    aku cuma pernah jual koran dan buku sekolah bekas aja mbak

    ReplyDelete
  25. wkwkkw #tutupmuka
    apalagi anakkost, tanggal muda berasa tanggal tua mulu --"

    ReplyDelete
  26. sip sip sippp

    siap dipraktekin nih mbaaa

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  27. boleh juga idenya mba, thanks ! :)

    ReplyDelete
  28. Kalau saya coba jualin makeup yang ngga kepake, mba. Lumayan laku lho, banyak juga yang suka makeup preloved.

    ReplyDelete
  29. Sip, manteb idenya. Apa yang ada bisa dijadikan duit lagi Kalo mau lebih berkreasi/kreatif lebih nilai jual juga bisa naik/tinggi untuk barang bekas seperti sampah botol plastik dan kertas,tul gak mbak? Oia, salam kenal ya. Follow2an yuk..

    ReplyDelete

Thanks for stopping comment on my blog ♥

Custom Post Signature

Custom Post  Signature