Cara Mudah Mengedit Foto Dengan Photoshop


Cara Mudah Mengedit Foto Dengan Photoshop - Hai, kali ini aku akan bagi tutorial mengenai gimana sih cara mudah untuk edit foto menggunakan photoshop. Editing foto ini sering banget aku gunakan untuk postinganku diblog, bagi yang sering ngikutin blogku pasti tau dong kalo aku terkadang mencantumkan beberapa foto dipostingan dengan berbagai macam editan. Sebenernya udah banyak banget yang minta tutorial editing ini tapi maaf banget baru bisa aku post sekarang.huhu
Tutorial ini sebenernya gampang banget, karena emang aku ngga begitu mahir sama photoshop, jadi selama editing foto di blog ya ala kadarnya aja, ngga perlu teknik dan langkah yang susah untuk editingnya. Jadi untuk pemula pun masih bisa kok ngikutin tutorialku ini. Penasaran gimana mudahnya mengedit foto blog ala rusydinat.com ? Yuk simak tutorialku berikut!



Pertama buka photoshop yang kalian miliki, kalo aku sih pake Adobe Photoshop CS 6. Terserah sih kalian mau menggunakan adobe photoshop versi berapa, karena basicly cara editnya pun akan sama nantinya.


Kedua setelah membuka aplikasinya, silakan buka menu File >> New >> Kemudian atur dengan size seperti gambar dibawah ini, sebenernya terserah sih mau ukurannya berapa aja, kalo aku sih selama ini memang sudah menggunakan format size seperti ini.



Setelah itu klik Oke dan akan muncul background putih seperti ini kemudian klik ctrl+save untuk men-save file tersebut (aku save file dengan judul "layout blog" ya)


Ketiga, saatnya memilih background yang akan digunakan, biasanya aku mencari background di beberapa website yang free seperti pixabay.com, flickr dll Setelah menemukan background yang diinginkan (gambar yang dilingkari) klik kiri gambar tersebut, tahan dan drag atau bawa gambar menuju layer aktif yang ada di photoshop. Jika gambar yang di drag tidak memenuhi background putih silakan atur titik grid yang ada.



Keempat, setelah selesai memilih gambar untuk background, saatnya memilih foto yang ingin kalian edit, dengan cara klik menu File >> Open dan pilih foto yang kalian inginkan.



Setelah foto terpilih, klik icon Polygonal Lasso Tool (lihat gambar)


Kemudian kita hanya perlu menyeleksi gambar dengan membuat garis di sisi-sisi foto hingga garis saling bertemu.


Setelah garis yang didapat dari polygonal lasso tool bertemu, garis lurus yang tadi telah kita buat akan berubah menjadi garis putus-putus. Jika sudah berubah menjadi garis putus-putus, foto yang kita seleksi dapat kita pindahkan dengan mudah.


Setelah itu mari kita gabungkan background yang sudah kita pilih tadi dengan foto yang sudah kita seleksi, dengan cara men-drag/tarik foto yang sudah kita seleksi ke file layout blog.



Jika kita lihat pada gambar dibawah ini, foto yang aku drag masih memiliki area berwarna putih, cara menghilangkannya masih sama seperti cara tadi, klik Polygonal Lasso Tool kemudian seleksi semua area berwarna putih hingga garis lurus berubah menjadi garis putus-putus kemudian tekan Delete pada keyboard.


Dan hasilnya? Area putih yang ada pada foto akan hilang.


Setelah itu silakan berikan ornament-oranament yang kalian inginkan. Seperti balon-balon gambar bunga, tanaman ataupun tulisan seperti dibawah ini.


Untuk ornament balon dan kaktus ini bisa kalian dapatkan di devianart.com kalian hanya perlu mencari dengan keywoard png pack, cactus png, flower png dll  Yap semua ornament yang aku gunakan pada foto-foto yang aku edit menggunakan format foto png, hal ini memudahkan kita untuk mengedit dan meletakkan ornament-ornament pada gambar kita tanpa perlu kita edit lagi.

Oh iya jika kalian ingin mencantumkan foto produk, kalian bisa menambahkannya dengan menggunakan polygonal lasso tool untuk menyeleksi produk tersebut dan men-drag / menariknya pada file editing yang kalian inginkan. Atau jika kalian sudah memiliki format png-nya kalian hanya perlu meletakkanya di file editing.

Oh iya, Ornament yang kalian berikan sebenarnya tergantung dengan selera kalian. Jadi tidak ada patokan kalian harus menghasilkan editing foto yang seperti apa. Karena hasil ditentukan oleh selera yang kalian miliki.


Selain ornament kalian juga bisa memberikan text pada foto yang kalian edit dengan mengklik symbol T yang ada pada menu. Dan jika kalian ingin mengubah warnanya kalian bisa mengubah warna sesuai dengan keinginan kalian, dimana kalian bisa langsung menggantinya dengan mengklik pallete warna yang ada di menu bar bagian atas.

Atau jika kalian ingin membuat tulisan seperti dibawah ini, dengan kesan bayangan kalian hanya perlu membuat tulisan yang sama sebanyak dua buah, dengan cara klik kanan layer tulisan kemudian klik duplicate layer.




Kemudian kalian akan mendapatkan dua layer tulisan Saranghae, dan untuk mendapatkan kesan bayangan kalian hanya perlu mengedit warna bayangan untuk layer saranghae bagian yang bawah dengan warna yang lebih gelap.

Selain itu kalian juga bisa mengedit foto kalian dengan menambahkan garis-garis putus-putus seperti yang aku bikin ini, ataupun menambahkan doodle pada foto yang kalian edit dengan menggunakan brush. Untuk cara ini aku menggunakan cara manual ya, jadi aku menggambar doodle tersebut satu-persatu.



Setelah itu kalian hanya menambahkan ornament pelengkap dan voila editing foto untuk blog sudah jadi! Langkah terakhir kalian hanya perlu save foto yang kalian edit menjadi format jpg dengan cara klik menu File >> Save As >> ganti format menjadi jpg >> save >> Ok




Cara mudah mengedit foto dengan photoshop sudah selesaai! Gimana gampang ngga? Cara-cara yang aku bikin ini sebenernya cara-cara yang untuk beginner banget sih, karena semuanya dikerjakan secara manual. Maklum lah ya saya ngga jago editing foto, makanya semuanya manual, yang penting hasilnya bagus, saya senang dan pembaca senang deh.hihi

Oh iya, tips untuk kalian yang ingin mencoba, setiap sudah mengerjakan step by step-nya jangan lupa untuk save yaa, takutnya jika nanti lapto kalian not responding dan foto editingnya belom ke savekan repot harus ngulang lagi. Gimana? Cukup mudah dipahami ngga penjelasanku ini?


Jangan lupa dipraktekin ya, dan tag aku jika hasil editing kalian sudah jadi! Dan jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan di kolom komantar ya sebisanya dan secepatnya akan segera aku jawab. Selamat mencoba ^^


9 comments on "Cara Mudah Mengedit Foto Dengan Photoshop"
  1. Siiipp... bagus tutorialnya. Bermanfaat.. :)

    ReplyDelete
  2. aku jarang buka laptop mbak, ada yg edit photo pakai handphone ngak ( ngelunjak ye gue :) Thanks for sharing ya mbak

    ReplyDelete
  3. Finally hahahhaaaa astaga jaman sekolah dikasih bekel ginian tp tetep aja lupa😂😂😂😂


    Thanks ya kak udah ngingetin lagi caranya :)

    ReplyDelete
  4. Thanks sharingnya bermanfaat mba

    ReplyDelete
  5. Ya ampun.. kamu pinter banget soal edting mba.. love love deeeeh.. tak bookmark yeee artikel mu..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  6. wah kreatif nih editnya
    hehhee

    makasih sharingnya
    :D

    ReplyDelete
  7. Rapi banget motongnya sih.. ku kalo motong gambar diphotoshop nggak pernah rapi huhu

    Yus , garis putus2 di menu apa deh?

    Kamu tiap foto diedit ginian ya, kalo aku mah suda lelah 😂

    ReplyDelete
  8. Ya Allah, akhirnya bisa baca postingan bermanfaat ini. Makasih mbak....

    ReplyDelete

Thanks for stopping comment on my blog ♥

Custom Post Signature

Custom Post  Signature